https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI MA AL-IMAN BULUS GEBANG PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019 | Imron | OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi

EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI MA AL-IMAN BULUS GEBANG PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ali Imron

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi: (1) kualitas pembelajaran dan (2) output pembelajaran mata pelajaran ekonomi kelas XI di MA Al Iman Bulus Gebang Purworejo. Model yang digunakan yaitu model EKOP. Populasi semua siswa kelas XI IPS MA Al-Iman Bulus Gebang Purworejo berjumlah 109 siswa. Sampel berjumlah 86 siswa, ditentukan dengan pedoman table krecjie dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan sampel dengan teknik proportional rondom sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Hasil evaluasi dari kinerja guru dalam kelas rerata skor (3,00) kualifikasi “baik”, fasilitas pembelajaran rerata skor (3,06) kualifikasi “baik”, iklim kelas rerata skor (2,56) kualifikasi “baik”, sikap siswa rerata skor (2,50) kualifikasi “cukup”, dan motivasi belajar rerata skor (2,77) kualifikasi “baik” dan output pembelajaran dari nilai akhir semester rerata skor (2,83) kualifikasi “baik”. Kualitas pembelajaran dengan rerata total skor (2,77), kualifikasi “baik”. Sedangkan output pembelajaran dengan rerata total skor (2,83), kualifikasi “baik”. Berdasarkan hasil tersebut di atas maka program pembelajaran mata pelajaran ekonomi kelas XI di MA Al Iman Bulus Gebang Purworejo menunjukkan rerata total skor (2,80), apabila dikonversikan dalam tabel perbandingan rerata total skor masing-masing komponen maka termasuk kualifikasi “baik”.

Kata kunci: evaluasi program, pembelajaran ekonomi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: